Langsung ke konten utama

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Hasil gambar untuk algoritma.png
Apa itu algoritma?
Algoritma adalah langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk memecahkan suatu masalah. contoh ketika kita mau membuat nasi goreng langkah-langkah adalah:
1. menyiapkan alat & bahan-bahan
2. memasak bahan-bahan dengan alat yang udah disiapkan
3. menyajikannya

logis ? iya
sistematis ? iya

contoh lain adalah ketika mencari luas persegi panjang
1. ketahui panjang
2. ketahui lebar
3. kalikan panjang dan lebarnya
4. hasil nya disimpan di variabel luas

logis ? iya
sistematis ? iya

lalu dari tadi yang dimaksud logis dan sistematis itu seperti apa sih?

logis yang dimaksud adalah ketika kita mau memecahkan suatu masalah seperti membuat nasi goreng tadi kita harus menyiapkan alat & bahan-bahan yang sesuai gak mungkin dong kita mau membuat nasi goreng tapi alatnya itu pake gergaji atau bahannya pake sendal tukang baso wah itu mah bener-bener gak logis ya. contoh yang kedua tadi ketika kita mau mencari luas persegi panjang berarti informasi yang kita butuhkan ya pasti panjang dan lebarnya kan? bukan tinggi atau pun kecepatan kan gak nyambung juga ya nah begitulah yang disebut logis

lalu, yang dimaksud dengan sistematis adalah langkah-langkah untuk memecahkan masalahnya udah bener belum? contoh tadi ketika kita membuat nasi goreng gak mungkin dong langkah pertama nya disajikan dulu, dimasak juga belum, lalu contoh yang kedua mencari luas persegi panjang gak mungkin langkah pertamanya itu mengkalikan panjang dan lebarnya terlebih dahulu baru kita cari tahu panjang dan lebarnya , ya itu mah sia-sia, 

itu lah alasannya mengapa pengertian algoritma itu ada yang namanya sistematis dan logis supaya masalahnya itu tadi terpecahkan

lalu apa itu pemrograman?
pemrograman adalah proses mengimplementasikan algoritma tadi ke dalam komputer yang ditulis dengan bahasa pemrograman.

dalam implementasi nya kita akan mengenal istilah compiler. 
compiler bisa diartikan juga sebagai penerjemah atau jembatan antara algoritma dengan bahasa pemrograman

contoh : di dunia ini banyak bahasa yang digunakan ada yang bisa bahasa indonesia bahasa inggris bahasa prancir dan lain sebagainya

lalu bagaimana jika orang indonesia yang tidak bisa berbahasa inggris bertemu dengan orang inggris yang tidak bisa berbahasa indonesia? wah pasti pada gak nyambung ya? nah orang yang bisa berbahasa inggris dan indonesia ini lah yang akan menjadi penerjemah nya atau (compiler) .
oke mungkin segitu dulu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan kata, terima kasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Pembangunan aplikasi panorama sederhana dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 - PART 2

Hallo semua, sebelumnya saya mohon maaf karena baru update PART 2 nya karena lagi menjalani UTS :"D Untuk yang belum baca PART 1 klik link ini  Tutorial Pembangunan aplikasi panorama sederhana dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 - PART 1 Jika Sudah , yuk mari simak langkah - langkah lanjutan nya dibawah ini 1. Insert ->  New Symbol 2. Beri nama Objek Dan Type nya Movie Clip lalu klik OK Hasil : 3. Buat lah objek kotak dengan Rectangle Tool atau klik tombol R 4. Aturlah ukuran nya sesuai kebutuhan  5. Pada Timeline klik frame 100 lalu Klik kanan -> Insert KeyFrame  Hasil : 6. Pada Timeline Seleksi/blok frame 1 - 100 7. Klik Kanan -> Create Classic Frame 8. Klik Frame 100 lalu klik kotaknya lalu ke properties ubah x nya menjadi -500 sesuai dengan panorama yang ada pada PART sebelumnya  Tutorial Pembangunan aplikasi panorama sederhana dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 - PART 1 9.Untuk kembali ke Scen

Tutorial Pembangunan aplikasi panorama sederhana dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 - PART 1

Langkah - langkah pembangunan aplikasi sederhana panorama dengan Flash cs6 & ActionScript 3.0 1. pada kategori Create New, pilih ActionScript 3 atau File -> new -> ActionScript 3.0 klik OK 2. Untuk membuat movie_clip panorama nya , pilih Insert -> New Symbol 3. Beri nama panorama_mc lalu klik OK 4. Jika sudah maka tampil anda masuk ke editor panorama_mc 5. Pilih File -> Import -> Import to Library 6. Pilih gambar panorama yang kalian miliki atau yang sudah kalian download, klik OK 7. Cek Library kalian, atau jika tidak ada pilih Window -> Library atau (CTRL + L) maka tampilan nya akan seperti ini 8. Drag and drop gambar kalian ke dalam stage 9. Pilih Properties atau Window Properties (CTRL + F3) lalu ubah x nya menjadi 0, dan y nya menjadi 0 catatan : jika tidak ada tampilan x dan y nya klik dulu objek gambar pada stagenya 10. Pada Timeline klik frame ke 100 -> klik ka